Friday 18 January 2013

CARA MENGEMBALIKAN DATA YANG HILANG DI MEMORI CARD


CARA MENYELAMATKAN DATA YANG HILANG DI MEMORI CARD

Ada beberapa penyebab data Anda tiba2 hilang di memori card, padahal Anda tidak pernah merasa menghapus atau menformatnya. Data yang tiba2 hilang bisa disebabkan oleh perilaku virus komputer jenis new heur (win32) yang menyembunyikan data Anda melalui attribut super hidden (system hidden), hal ini terjadi ketika Anda pernah memasukkan memori Anda pada komputer yang sudah terinfeksi virus ini. Salah satu cara untuk mengembalikan data2 penting kita adalah mengembalikan attribut file ke normal atau terlihat. Ada 2 cara untuk melakukan itu:
  1. Melalui cara manual, terlebih dulu Anda harus melihat properties memori Anda untuk meyakinkan bahwa data2 kita sebenarnya tidak hilang. Caranya : dari windows explorer Anda sorot drive memori Anda, lalu klik kanan pilih properties,lihat kapasitas maksimal memori dan jumlah sisa kapasitas. Apabila jumlah kapasitas maksimal memori misal 2GB biasanya tertulis 1.89GB di komputer,ditandai dg blok merah penuh apabila memori kosong. Jika blok merah penuh berarti memori Anda memang dalam keadaan kosong,bisa karena terformat atau terhapus semua datanya. Tapi jika ada blok biru atau kapasitas memori yang terpakai bararti data Anda masih ada di memori tapi tdk terlihat,inilah yang diinfeksi oleh virus. Agar terlihat dari explorer klik toolsàfolder optionàviewàhilangkan tanda centang pada “Hide protected operating system files (Recommended)”. Anda akan diperingatkan oleh Windows,abaikan dengan pilih “Yes”. Selanjutnya pilih “OK” untuk menutup windows toolbar. Sekarang coba Anda Refresh explorer dg tekan F5 lalu sorot lagi drive memori Anda. Maka akan terlihat folder2 atau file yang tadi hilang. Tapi ini belum selesai, kita harus merubah attribut seluruh folder dan file yang tersembunyi menjadi terlihat, caranya dari menu start tekan tombol windows+R atau pilih run, kemudian ketik “cmd”. Anda akan masuk ke modus command prompt. Ketik letak drive/huruf tempat memori Anda berada, misalnya E: lalu ketik “attrib –r –s –h *.* /s “ lalu tekan enter. Tunggu hingga proses perubahan attribut selesai. Setelah selesai prosesnya sekarang masuk kembali ke explorer dan sorot ke drive memori Anda dan lihat semua data Anda yang semula tersembunyi sekarang bisa terlihat. Dan sekarang Anda sudah bisa memasukkan memori ke gadget kesayangan.
  2. Cara ini tidak rumit Anda hanya tinggal install anti virus smadav terbaru, yang penting Anda harus yakin komputernya benar2 bersih dan tidak terinfeksi oleh virus tersebut, sebab jika sudah terinfeksi virus yang sama, tidak akan berhasil. Jika Anda sudah yakin komputernya bersih, install smadav terus restart komputer. (jangan sekali-kali memasukkan memori card Anda terlebih dahulu, tunggu hingga Anda sudah Install dan restart komputer). Masukkan memori ke komputer lalu tunggu smadav melakukan scanning, jika virus tersebut terdeteksi akan segera dihapus oleh smadav, lakukan scanning ulang memori dan pilih “bersihkan”. Maka data yang tersembunyi akan terlihat lagi.
Ada baiknya sebelum install smadav Anda terlebih dahulu harus install anti virus besar seperti AVG, AVIRA, Kapersky. Kenapa ? karena virus jenis win32 adlah jenis virus root kit (menyerang sistem program) jadi antivirus lokal smadav tidak mampu memblokirnya, hanya bisa menghapus anak virus hasil dari infeksi saja sedang induknya biasanya menyerang program windows yang utama misal windows explorer. Jadi scan dulu dengan antivirus besar baru scan ulang dengan smadav.

Itu saja semoga bermanfaat…

No comments:

Post a Comment